Ginjal yang sehat berfungsi penting untuk mengatur tekanan darah, sel darah merah, serta zat asam dalam tubuh. Intinya, ketika organ ini mengalami kerusakan, maka dampak yang dirasakan akan sangat buruk bagi penderitanya. Tapi kalau ada  cara untuk menjaga kesehatan ginjal sejak dini, kenapa tidak dilakukan?

Ginjal adalah salah satu organ paling vital yang ada dalam tubuh manusia. Benda yang punya ukuran sebesar kepalan tangan manusia dan berada di bawah tulang rusuk di kedua sisi tulang belakang ini memiliki peran yang sangat penting, yaitu membersihkan tubuh dari berbagai racun dan menyeimbangkan kadar air di dalam tubuh.

Ginjal yang sehat berfungsi penting untuk mengatur tekanan darah, sel darah merah, serta zat asam dalam tubuh. Intinya, ketika organ ini mengalami kerusakan, maka dampak yang dirasakan akan sangat buruk bagi penderitanya. Tapi kalau ada  cara untuk menjaga kesehatan ginjal sejak dini, kenapa tidak dilakukan?

 

Simak berikut ini.

Olahraga

Tubuh tidak hanya membutuhan istirahat tapi juga gerak. Dan olahraga adalah aktivitas yang paling mudah untuk menjaga kebersihan ginjal. Dengan berolahraga, tidak hanya ginjal, tapi semua fungsi organ tubuh Anda berjalan dengan baik.

 

Makanan Sehat

Tubuh memerlukan makanan sehat untuk menjaga kesehatan ginjal karena minimnya kandungan racun dalam menu makanan tersebut. Ginjal menjadi lebih awet karena bekerja lebih ringan untuk untuk menyaring racun dari makanan.

 

Jaga Tekanan Darah

Ginjal adalah salah satu alat tubuh untuk menjaga sirkulasi darah. Dengan menjaga tekanan darah, berarti itu adalah langkah tepat untuk menjaga kesehatan ginjal karena tekanan darah yang tinggi dapat menyebabkan kerusakan ginjal.

 

Kontrol Kadar Gula

Di banyak kasus, penderita diabetes  biasanya akan terserang penyakit komplikasi. Salah satunya adalah berhentinya fungsi ginjal, yang disebut gagal ginjal. Dengan menjaga kadar gula untuk menghindari diabetes, maka Anda juga menjaga kesehatan ginjal.

 

Banyak Minum Air

Sudah bukan rahasia lagi bila memperbanyak minum air putih setiap hari akan menjaga kesehatan ginjal. Setiap cairan dari air putih yang masuk tubuh akan sangat penting untuk membersihkan serta menjaga ginjal agar tetap bekerja optimal.

 

Jauhi Rokok

Perlu Anda ketahui bahwa asap rokok bisa memperlambat aliran darah ke ginjal sehingga mengganggu kesehatannya. Ingin hidup yang lebih baik dan bebas dari masalah ginjal? Segera hentikan kebiasaan merokok Anda mulai sekarang.

 

Tidak Mengonsumsi Obat Sembarangan

Setiap obat yang masuk ke dalam tubuh akan diproses dengan kinerja yang berat oleh ginjal. Untuk itu, konsumsi obat seperlunya dan tidak sembarangan. Yang paling penting adalah melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter Anda sebelum membeli resep obat.

 

Tidak bisa dipungkiri, ginjal memegang peranan penting dalam kehidupan Anda. Selama ia mampu, ginjal akan selalu memberikan yang terbaik bagi pemiliknya. Untuk itu rawat dan jagalah kesehatan ginjal seumur hidup Anda.

Selain itu, lengkapi perlindungan terhadap tubuh dengan asuransi.  Anda tidak akan pernah tahu kapan penyakit mengincar kesehatan dan fungsi ginjal. Sebelum semuanya terlambat, jaminkan kesehatan Anda sekarang dan masa depan dengan memiliki polis asuransi kesehatan. Salah satu perusahaan asuransi jiwa terbaik adalah Allianz Life Indonesia yang sudah dipercaya selama puluhan tahun untuk melindungi kesehatan masyarakat Indonesia. Jaga kesehatan Anda dan ginjal bersama dengan Allianz Life Indonesia.