Selama bertahun-tahun, manusia selalu menjaga agar kesehatan jantungnya selalu terpelihara. Namun faktanya, penyakit jantung kini menjadi salah satu momok yang paling ditakuti oleh masyarakat, khususnya di Indonesia.

Jantung adalah organ vital yang menjadi pusat dari kehidupan Anda. Selama bertahun-tahun, manusia selalu menjaga agar kesehatan jantungnya selalu terpelihara. Namun faktanya, penyakit jantung kini menjadi salah satu momok yang paling ditakuti oleh masyarakat, khususnya di Indonesia.

Berdasarkan penelitian dari WHO, 17,5 juta (30%) dari 58 juta kematian di dunia disebabkan oleh penyakit jantung dan pembuluh darah pada tahun 2005. Angka itu semakin meningkat di tahun 2015, di mana kematian akibat penyakit jantung dan pembuluh darah meningkat menjadi 20 juta jiwa. Bahkan penyakit yang dikatakan sebagai penyakitnya orang tua ini sudah mulai mengincar generasi muda. Dalam dalam beberapa kasus, umur sang penderita henti jantung berada di bawah 40 tahun.

Penyakit jantung kebanyakan disebabkan oleh pola makan yang salah, dimana banyak masyarakat Indonesia saat ini lebih suka untuk makan makanan di luar tanpa mempedulikan apa yang ada di dalam komposisi menu yang dipesan. Bagaimana bila mulai sekarang mengubah kebiasaan makan Anda supaya penyakit jantung tidak datang mendekat? Berikut adalah lima menu untuk jantung sehat.

Yoghurt
Penelitian menunjukkan bahwa yoghurt berguna untuk melindungi Anda dari serangan jantung. Bagaimana bisa? Ya, yoghurt adalah menu yang mengandung probiotik yang jika dikonsumsi akan melindungi gusi dari kerusakan. Penelitian membuktikan bahwa orang yang mengalami permasalahan pada gusi rentan terkena serangan jantung.

Kacang Hijau
Journal of Nutrition menuliskan bahwa dengan mengkonsumsi ½ cangkir kacang hijau setiap hari dapat menurunkan kolesterol. Kacang hijau mengandung nutrisi bernama flavanoid yang akan melindungi penyumbatan jantung karena bekerja untuk menghambat adhesi trombosit dalam darah. Hal ini akan menurunkan risiko terjadinya serangan jantung dan stroke.

Ikan Salmon
Dengan mengkonsumsi ikan salmon 2-3 porsi per minggu, risiko seseorang terhadap penyakit serangan jantung koroner akan turun. Selain salmon, tuna juga memiliki kandungan Omega-3 yang baik untuk menurunkan tekanan darah serta membantu mengatur ritme jantung agar berdetak dengan normal.

Cokelat Hitam
Selama ini, cokelat selalu dihubung-hubungkan dengan berbagai penyakit karena rasanya yang enak. Tetapi tahukah Anda bahwa sebenarnya cokelat hitam malah berguna untuk melawan penyakit jantung? Cokelat memiliki kandungan flavanol yang akan mengencerkan darah yang akan menurunkan risiko serangan jantung pada diri Anda. Selain itu, flavanol juga dapat menekan risiko terjadinya penyakit hipertensi, diabetes, ginjal, serta demensia. Bermanfaat sekali bukan?

Pisang
Selain rasanya yang enak, manfaat yang bisa diambil juga banyak. Pisang mengandung kalium untuk membentuk tubuh menjaga fungsi jantung. Kalium juga membantu ginjal untuk mengeluarkan kelebihan natrium dari dalam tubuh. Disarankan pada Anda yang mengkonsumsi obat diuretik untuk memakan pisang secara teratur setiap hari karena kalium adalah mineral yang sangat dibutuhkan untuk melawan penyakit jantung.

Selain teratur mengonsumsi makanan penjaga jantung tetap sehat, selalu lindungi kesehatan untuk berbagai kemungkinan yang bisa terjadi pada diri Anda. Setidaknya, milikilah asuransi yang akan menjamin, bukan hanya kehidupan Anda, tetapi juga keluarga kelak saat kemungkinan terburuk itu datang. Pastikan bahwa jiwa Anda terjamin oleh perusahaan asuransi yang selalu siap membantu di masa-masa sulit saat di rumah sakit, yang akan memberikan kenyamanan dan keamanan bagi anggota keluarga lain karena tidak perlu susah-susah lagi dalam mengurus administrasi rumah sakit.

Salah satunya adalah Allianz Life Indonesia yang akan menjadi teman terbaik dalam menikmati kehidupan keluarga Anda. Beragam penghargaan yang diraih adalah jaminan bahwa Allianz adalah tempat perlindungan terbaik, untuk hari ini dan nanti.