Ketika sedang asyik-asyiknya makan, tiba-tiba perut terasa tidak nyaman dan sakit. Ketahuilah bahwa ini adalah salah satu reaksi tubuh ketika Anda memakan apa yang tidak seharusnya dimakan. Gejala  ini kemudian diikuti dengan rasa pahit di mulut dan tenggorokan yang bisa bertahan hingga berjam-jam.

Ketika sedang asyik-asyiknya makan, tiba-tiba perut terasa tidak nyaman dan sakit. Ketahuilah bahwa ini adalah salah satu reaksi tubuh ketika Anda memakan apa yang tidak seharusnya dimakan. Gejala  ini kemudian diikuti dengan rasa pahit di mulut dan tenggorokan yang bisa bertahan hingga berjam-jam. Jutaan orang sudah merasakan rasa tidak nyaman yang diakibatkan oleh kondisi yang juga sering dianggap sebagai gejala maag ini. Hal ini terjadi saat asam lambung naik ke bagian esophagus.

Selain melindungi diri dengan asuransi kesehatan, ada juga cara cara yang bisa membuat Anda terhindar dari kondisi tidak nyaman ini. Anda bisa menghindari makanan-makanan yang bisa menyebabkan naiknya asam lambung sebelum meminta bantuan dokter di rumah sakit seperti berikut ini.

 

Buah-Buahan Masam

Perlu diketahui bahwa buah-buahan dengan rasa masam, seperti jeruk atau anggur bisa menyebabkan naiknya asam lambung. Hal ini dibenarkan oleh Robynne Chutkan, MD, Gastroenterologis di Rumah Sakit Georgetown, Washington, D.C.

“Buah-buahan tersebut sangat mengandung asam. Mereka bisa menyebabkan heartburn, terutama ketika dikonsumsi saat perut kosong,” terang Chutkan. Intinya, boleh makan buah-buahan dengan rasa masam, tapi pastikan bahwa sebelumnya Anda telah makan.

 

Tomat

Siapa yang mengira kalau tomat, buah yang segar dan bergizi ini, ternyata juga bisa menyebabkan masalah dalam tubuh Anda? Chutkan mengatakan bahwa tomat ternyata juga sangat mengandung asam dan bisa menyebabkan heartburn.

Ingin tahu obatnya? Daniel Mausner, MD., seorang Gastroenterologis dari Mercy Medical Center di New York berpendapat bahwa, “Benda yang memicu munculnya saliva (air liur) sangat baik untuk menetralkan asam yang naik dari lambung Anda.”

 

Bawang Merah & Putih

Orang yang punya permasalahan dengan asam lambung sebaiknya menghindari bawang merah dan putih. Itulah yang disampaikan oleh Bonnie Taub-Dix, Ma, RD, seorang juru bicara dari American Dietetic Association. Ia menyarankan agar Anda mencatat setiap makanan yang bisa menjadi masalah bagi tubuh dan menghindarinya di lain waktu. Catat pula makanan yang aman bagi tubuh Anda.

 

Makanan Pedas

Apapun makanan, bila terasa pedas di rongga mulut bisa menyebabkan asam lambung naik. Bila terlalu susah menghilangkan makanan pedas, cara terbaik adalah dengan mengurangi level kepedasan hingga tingkatan yang aman bagi lambung.

 

Peppermint

Peppermint menyejukkan perut? Tunggu dulu.. Chutkan mengatakan bahwa peppermint sebenarnya juga bisa menyebabkan heartburn. Salah satu cara terbaik agar makanan ini tidak menyebabkan asam lambung naik adalah dengan tidak mengkonsumsinya setelah makan besar.

“Peppermint mungkin baik untuk menyegarkan nafas saat berkencan, tapi juga bisa membahayakan lambung Anda,” tukas Chutkan. Hal ini terjadi karena peppermint bisa membuat rileks otot-otot yang berada di antara perut dan esofagus.

 

Sudah tahu makanan-makanan yang bisa menyebabkan asam lambung naik? Mencegah dan mempersiapkan diri dengan menghindari atau mengurangi menu-menu tersebut dari daftar makanan Anda adalah salah satu jalan terbaik.

Selain itu, cara terbaik untuk menjaga kesehatan Anda adalah dengan memiliki polis asuransi yang tepat dari perusahaan asuransi jiwa terpercaya. Seperti SmartMed Premier dari Allianz Life Indonesia yang akan melindungi kesehatan dari penyakit sekecil apapun. Bahkan Anda juga akan ditemani sejak memeriksakan keluhan asam lambung ke dokter pribadi. Mulailah hidup sehat dan bebas gangguan asam lambung bersama Allianz Life Indonesia.