Penyakit jantung adalah salah satu musuh paling menakutkan dan tidak bisa diremehkan keberadaannya. Sudah tahu jenis penyakit jantungnya?

Penyakit jantung adalah salah satu musuh paling menakutkan dan tidak bisa diremehkan keberadaannya. Organisasi kesehatan dunia (WHO) mencatat bahwa penyakit jantung merupakan penyakit pembunuh nomor satu, yang telah merenggut jutaan nyawa di berbagai belahan dunia. Sekitar 80% angka kematian akibat penyakit kardiovaskular ini ada di negara berkembang dan negara berpenghasilan rendah.

Ada beberapa hal yang harus Anda pahami dari penyakit berbahaya ini. Khusus bagi kaum wanita, karena umumnya penyakit jantung sulit terdeteksi. Saat ini, masyarakat kebanyakan hanya tahu bahwa serangan jantung diakibatkan karena disfungsi dari salah satu organ paling vital dari manusia ini, tanpa mengetahui, jenis penyakit jantung apa yang dideritanya. Hal ini diungkapkan oleh dr. Anna Ulfah Rahajoe SpJP(K), dewan Penasihat Perhimpunan Kardiovaskular Indonesia (Perki), yang mengatakan bahwa penyakit kardiovaskular nomor satu pada perempuan di Indonesia ialah penyakit jantung koroner.

Berbeda dengan yang terjadi pada laki-laki, serangan jantung pada perempuan tidak menunjukkan gejala khas. Untuk membantu Anda mengenal penyakit jantung lebih dekat, berikut adalah jenis penyakit jantung yang harus diwaspadai.

Penyakit Arteri Koroner

Penyakit jantung tipe ini paling sering menyerang kesehatan kebanyakan orang. Arteri koroner terjadi karena dinding arteri menebal akibat tumpukan lemak. Dilansir dari The Cardiac Center Singapura,  apabila aliran darah melambat, jantung tak mendapat cukup oksigen dan zat nutrisi sehingga mengakibatkan rasa nyeri di dada. Ketika satu atau lebih arteri koroner tersumbat sama sekali, saat inilah Anda akan mengalami serangan jantung.

Trachycardia

Denyut jantung normal pada orang dewasa yang sedang beristirahat adalah rata-rata berkecepatan 60 kali per menit. Ketika hitungan tersebut melebihi 100 detak per menit, berarti Anda mengalami Tachycardias. Perubahan kecepatan detak jantung ini dilansir oleh The Cardiac Centre Singapura akan menyebabkan perasaan berdebar-debar, gemetar, pusing, pingsan sesak napas atau nyeri jantung.

Gagal Jantung

Ketika organ jantung tidak dapat memompa darah sebaik seharusnya dilakukan, itulah saat seseorang mengalami gagal jantung. Gagal jantung bisa disebabkan oleh penyakit arteri koroner karena aliran darah yang kurang ke otot jantung. Bisa juga disebabkan karena kerusakan pada otot jantung karena infeksi, alkohol, atau penyalah-gunaan obat, kehamilan atau tanpa penyebab yang jelas. The Cardiac Centre Singapura menambahkan jika jantung bekerja terlalu berat juga rawan mengalami gagal jantung.

Penyakit Jantung Bawaan

Penyakit ini mustahil untuk dihindari karena bawaan sejak lahir. Ya, dalam beberapa kasus, manusia dilahirkan dengan jantung yang lemah atau lubang di organ jantung. Solusinya adalah dengan melakukan operasi. Namun perlu dicatat bahwa tingkat keberhasilannya sangat beragam.

Penyakit Jantung Rematik

Penyakit ini terjadi karena infeksi bakteri di masa kecil yang mempengaruhi sendi dan katup jantung. Problem ini kemudian akan mulai dirasakan dampaknya ketika menginjak usia dewasa. Satu-satunya cara adalah dengan mengganti katup jantung, yang tentunya harus dilakukan melalui operasi

Penyakit jantung memang sangat menakutkan bagi manusia, terutama di Indonesia yang tenaga medisnya masih kurang dari cukup. Menurut dr. Anna Ulfah SpJP(K), dengan penduduk sekitar 250 juta, dokter spesialis jantungnya hanya 750 tenaga ahli. Bandingkan dengan Singapura yang penduduknya 5 juta orang dan memiliki  150 dokter ahli jantung. 

Untuk itu, tidak ada salahnya bila Anda selalu menjaga kesehatan diri dan melengkapi perlindungan terhadap kesehatan dengan berolahraga dan diet yang sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, lengkapi diri dengan asuransi kesehatan yang akan mengcover kebutuhan di rumah sakit jantung yang tepat. Anda tidak akan pernah tahu, kapan penyakit jantung akan menghampiri sehingga milikilah asuransi kesehatan dari Allianz Life Indonesa  yang  telah dipercaya untuk menjaga kesehatan jutaan masyarakat Indonesia.

Bersama dengan Allianz, Anda akan menjalani kehidupan yang tenang dengan perlindungan penuh terhadap risiko yang terjadi akibat dari penyakit jantung tersebut.