Berdasarkan laporan dari Air Tavel Consumer Report yang dikeluarkan oleh Departemen Transportasi Amerika Serikat, ada sekitar 3,71 kasus barang bawaan hilang untuk setiap 1000 penumpang di paruh pertama 2014. Itu  berarti  ada peluang 1% Anda kehilangan barang bawaan

Bandara bisa dibilang sebagai kota di dalam kota. Saking sibuknya tempat untuk menaikkan dan menurunkan penumpang pesawat udara itu seringkali menjadi tempat untuk melihat barang-barang kesayangan yang Anda bawa serta untuk yang terakhir kalinya.

Berdasarkan laporan dari Air Tavel Consumer Report yang dikeluarkan oleh Departemen Transportasi Amerika Serikat, ada sekitar 3,71 kasus barang bawaan hilang untuk setiap 1000 penumpang di paruh pertama 2014. Itu berarti  ada peluang 1% Anda kehilangan barang bawaan. Mendapat informasi kehilangan bagasi dan mengalaminya sendiri tentu berbeda yang dirasa. Untuk mencegahnya saat liburan depan, lakukan hal berikut ini saja yuk!

 

Early Check-in
Hal terbaik untuk melakukan penerbangan adalah datang ke bandara di pagi atau malam hari, d imana kondisi bandara masih sepi. Anda bisa dengan leluasa melakukan check-in dan petugas pun bakal jarang melakukan kesalahan karena antrian yang masih sedikit. Selain itu, datanglah sekitar satu jam sebelum keberangkatan pesawat.
Bila Anda melakukan transit, jangan lupa untuk menanyakan kepada petugas penerbangan serta memastikan bahwa barang bawaan akan selalu bersama Anda.

 

Persiapkan Bawaan Anda
Ide terbaik agar barang bawaan tidak hilang adalah dengan memberi tanda yang kontras dan berbeda dengan barang-barang penumpang lainnya. Misalnya dengan sabuk atau tali berwarna terang. Dengan cara ini, kecil kemungkinan barang bawaan Anda tertukar oleh barang penumpang lainnya. Selain itu, sisipkan juga nama, alamat, serta nomor telepon Anda pada koper untuk berjaga-jaga ketika ia menghilang dari pandangan.

Untuk barang-barang yang penting, seperti dompet dan obat-obatan, lebih baik disendirikan dan dibawa masuk ke dalam kabin untuk menghindari kesulitan besar yang akan Anda hadapi saat barang tersebut hilang. Satu cara simple lain adalah dengan memotret koper bawaan sebagai persiapan saat petugas bandara meminta Anda menunjukkan contoh gambar agar bisa ditemukan kembali.

 

Pasang GPS di Koper
Milikilah GPS khusus untuk diletakkan di koper. Beberapa merk yang bisa Anda dapatkan adalah Trakdot, LugLoc dan PocketFinder. Kesemuanya menggunakan teknologi GPS yang dilengkapi dengan aplikasi pendamping untuk smartphone untuk terus memantau keberadaan barang bawaan Anda. Walaupun tidak bisa mencegah kemungkinan terjadinya tertukar atau salah angkut ke pesawat lain, tapi setidaknya Anda tahu keberadaan koper atau bawaan Anda berkat GPS untuk koper ini.

 

Lindungi dengan Asuransi Perjalanan
Untuk mengantisipasi hal-hal yang bisa bikin sebal dan merugikan karena memakan waktu, tidak ada salahnya bila Anda melindungi diri dengan Asuransi Perjalanan TravelPRO dari Allianz Life Indonesia. Hanya dengan sekali telepon dan premi mulai Rp 30.000 saja, maka Anda sudah terlindungi dan bisa menikmati perjalanan yang aman dan nyaman.

 

Asuransi Perjalanan TravelPRO dari Allianz juga akan menanggung segala biaya saat Anda terkena musibah sewaktu liburan. Mulai dari hilangnya barang dan dokumen penting, hingga saat Anda mengalami kecelakaan dan harus menjalani pengobatan. Lebih baik mencegah daripada mengobati.
Lebih baik memiliki Asuransi Perjalanan TravelPRO dari Allianz Life Indonesia daripada menyesal di kemudian hari. Dengan TravelPRO, nikmati perjalanan dengan tenang, mulai dari saat berangkat hingga pulang.