Dengan gaya hidup seperti sekarang ini, bisakah orang-orang Indonesia mencapai cita-cita untuk hidup lebih lama dan bebas dari rasa sakit? Tampaknya Anda tidak perlu khawatir lagi.

Panjang umur dan dilimpahi kesehatan tentunya menjadi keinginan bagi banyak orang. Dengan semakin majunya dunia kesehatan, angka harapan hidup manusia pun kian tahun kian meningkat. Berdasarkan penelitian yang dilakukan di bawah koordinasi Institute for Health Metrics and Evaluation (IHME) di University of Washington, rata-rata usia harapan hidup kaum wanita tercatat hingga 72,7 tahun pada 2013, sedangkan pria rata-rata hidup hingga 68,4 tahun. Angka tersebut mengalami peningkatan dibandingkan tahun 1990, di mana rata-rata wanita hidup hingga 66,8 tahun dan pria hidup hingga usia 63,2 tahun.

Namun, dengan gaya hidup seperti sekarang ini, bisakah orang-orang Indonesia mencapai cita-cita untuk hidup lebih lama dan bebas dari rasa sakit? Tampaknya Anda tidak perlu khawatir lagi.

 

Ubah Gaya Hidup, Kurangi Kolesterol, Soda, Rokok, & Alkohol

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan University of Gothenburg, Swedia, yang melibatkan sekitar 855 orang yang lahir di tahun 1913, ada tiga cara mudah yang bisa membuat Anda hidup panjang umur dan sehat. Ketiganya adalah berhenti merokok, hindari alkohol, kurangi level kolesterol, kemudian tambahkan kebiasaan membatasi minum kopi maksimal empat cangkir sehari bisa membuat umur Anda mencapai satu abad. Wow!

Dalam penelitian tersebut, para peneliti menemukan bahwa 27% dari peserta studi mampu mencapai usia 80 tahun, sementara 13% lainnya berjalan lebih jauh hingga umur 90. Untuk penyebab kematian setelah umur 80 tahun, 42% terjadi karena serangan jantung, 20% karena infeksi, 8% akibat serangan stroke, 8 % karena sakit kanker, 6% pneumonia, sementara sisanya 16% akibat kasus lain.

Menurut Dr. Lars Wilhelmsen, yang telah terlibat dalam studi ini selama 50 tahun lamanya, sebuah desain unik telah membantu manusia untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang bisa membuat seseorang mampu bertahan hidup hingga melewati usia 50 tahun.

“Kami merekomendasikan supaya orang-orang menghindari rokok, mempertahankan level kolesterol yang tidak membahayakan, serta membatasi minum kopi hanya empat cangkir setiap harinya,” saran Dr. Wilhelmsen.

 

Berjalan Untuk Menjaga Kesehatan Jantung

Tidak bisa dipungkiri bahwa berjalan adalah aktivitas sederhana yang bisa membuat Anda panjang umur. Cukup luangkan 20 menit setiap hari untuk berjalan kaki dan usia Anda akan bertambah lebih lama. Penelitian tersebut telah dilakukan oleh Cambridge University kepada 334.000 orang.

Dengan berjalan kaki 20 menit setiap hari, metabolisme tubuh dan kebugaran akan tetap terjaga. Pertimbangkan untuk berjalan kaki ke tempat kerja daripada naik alat transportasi. Lembaga kesehatan Walking For Health mengungkapkan bahwa orang yang kurang melakukan aktivitas fisik lebih rentan terserang penyakit karena jantung yang semakin melemah.

Hal ini diamini oleh spesialis jantung dari British Health Foundation, June Davison, yang mengatakan bahwa melakukan aktivitas fisik secara teratur mampu menurunkan risiko kematian akibat penyakit jantung koroner.

 

Menjaga Relationship dengan Penuh Cinta

Menjaga hubungan yang mesra dan penuh cinta terhadap pasangan adalah salah satu resep panjang umur. Berbagai aktivitas, mulai dari ciuman, pelukan, hingga senyuman saat bergandengan tangan akan menghasilkan zat di dalam tubuh yang berguna untuk memperpanjang umur. Selain itu, dengan memiliki pasangan yang romantis juga akan menjadi pendorong semangat hidup bagi Anda, bukan?

 

Menjadi sehat hingga usia tua memang tampaknya sangat sulit diwujudkan, tetapi bukan hal yang mustahil untuk dilaksanakan. Selain mengikuti saran Dr. Lars Wilhelmsen untuk mengikuti tiga hal tadi, diperlukan tekad dan pandangan yang jelas mengenai masa depan di hari tua. Pastikan bahwa Anda memiliki cita-cita yang menyenangkan serta jaminan kesehatan yang mantap saat memasuki usia senja.

Salah satu yang bisa mewujudkan hal tersebut adalah dengan memiliki asuransi. Milikilah asuransi kesehatan terbaik dari perusahaan penyedia terbaik. Allianz Life Indonesia telah dipercaya oleh orang-orang Indonesia untuk menjaga dan melindungi kesehatan mereka, tidak hanya saat di usia produktif, tapi juga ketika memasuki usia senja. #SatuYangTerpenting hiduplah sejahtera dan lebih lama bersama Allianz Life Indonesia.