Lari di outdoor memang lebih beresiko dibandingkan lari di treadmill, resiko kecelakaan sampai diserang orang mungkin saja terjadi. 

Tips Agar Lari di Outdoor Terasa Lebih Aman

Lari di outdoor memang lebih beresiko dibandingkan lari di treadmill, resiko kecelakaan sampai diserang orang mungkin saja terjadi. Dengan memperhatikan tips-tips berikut ini kita bisa menghindari resikonya, sehingga lari di outdoor akan terasa lebih aman:

  1. Beritahu seseorang kemana kamu pergi. Ini penting untuk memberitahu orang lain kemana kamu akan lari, sebaiknya ambil rute yang familliar dan sudah sering didatangi. Jangan coba-coba memotong jalan atau mencari jalan pintas.
  2. Mempersiapkan segalanya dengan baik. meskipun lari menjadi olahraga yang mudah dan murah, tapi jangan sepelekan persiapannya. Luangkan waktu beberapa menit untuk mengecek sepatu lari yang akan digunakan, pilih lah sepatu lari sesuai dengan fungsinya. Mengecek keamanan juga sangat penting, seperti seberapa ramai rute yang akan dilewati? Apakah kondisi jalannya baik? Menghapal dan menghindari letak retakan, bebatuan, atau jalan berlubang penting untuk keselamatan.
  3. Pastikan Baju yang dikenakan mudah terlihat. Kapan pun akan pergi lari, tidak ada salahnya menggunakan pakaian atau sepatu dengan warna sedikit mencolok agar mudah terlihat, terutama oleh pengendara mobil atau motor. Lebih baik lagi kalau memakai rompi reflective terutama saat pagi sebelum matahari terbit atau saat malam.
  4. Jangan berlari sendirian di malam hari. Berlari saat malam memang lebih nyaman, tapi coba bergabung dengan running group atau mencari partners yang bisa memastikan keamanan saat berlari.
  5. Selalu bawa kartu identitas.Bawa selalu SIM dan medical insurance card di saku baju. Meskipun kita selalu berhati-hati saat berlari tapi medical insurance card berguna saat terjadi kecelakaan yang tak terduga. Gunakan ID tag pada sepatu dan pastikan ada emergency contact number yang bisa dihubungi disaat mendesak. Saat ini juga banyak pelari yang menggunakan running belts untuk menyimpan ID dan handphone mereka.
  6. Jangan gunakan earphones. Lari tanpa musik memang akan terasa membosankan, tapi pikirkan kembali keamanan. Menggunakan iPod atau MP3 player saat lari di outdoor akan membuat kamu kesulitan memperhatikan sekitar, kamu jadi ngga denger suara mobil yang datang, pengendara sepedah yang berteriak, anjing menggonggong, dan gangguan lainnya. Lebih baik simpan iPod untuk lari di treadmill.
  7. Hati-hati dengan pengendara mobil. Ingat kalau pengendara mobil tidak selalu memperhatikan pejalan kaki apalagi pelari. Bisa saja mereka sedang mendengarkan radio atau menelpon, jadi sebelum menyebrang pastikan kamu dengan pengendara mobil membuat eye contact. Lebih baik lagi berlari di tempat yang tidak terlalu ramai oleh kendaraan seperti taman.
  8. Perhatikan pengendara sepeda dan pelari lain. Sekalipun berlari di taman atau tempat yang jarang dilewati mobil, tapi perhatikan juga pelari lain dan pesepeda. Bicara dengan mereka dan katakan ke arah mana akan berlari, untuk menghindari tubrukan .
  9. Bawa uang atau kartu ATM. Cuaca yang tiba-tiba memburuk, tersesat, atau kecelakaan bisa saja terjadi, itu sebabnya kita harus selalu membawa uang. Selain itu mungkin saja tiba-tiba butuh air, makanan, atau first aid supplies ketika berlari.
  10. Merubah rute. Ketika kita berlari di rute yang sama, selain membosankan ini dapat dengan mudah menjadi target stalkers. Jadi rubah rute berlari dan mapping new routes, ini bisa dilakukan dengan menggunakan google maps atau telusuri dengan kendaraan sebelum siap lari di area tersebut.
  11. Lindungin diri. Pergunakan insting ketika bertemu orang yang mencurigakan, jadi bisa segera merubah rute dan berlari ke tempat yang lebih ramai. Jangan terlihat seperti orang bingung dan panik, tetap percaya diri dan berlari seolah tak ada bahaya. Sebaiknya kamu punya keahlian bela diri dan mempersiapkan pepper spray untuk melindungi diri sendiri.
  12. Jangan berlari sendirian. Berlari dengan teman akan menghindari serangan. Stalkers akan berpikir dua kali sebelum menyerang jika kita berlari dengan teman atau tidak sendiri.
     

Sumber artikel: http://www.nowtes.com/12-tips-lari-di-outdoor-yang-aman/