Kita tak pernah tahu apa yang akan terjadi saat mengemudikan mobil. Selain ban cadangan, ada hal-hal kecil yang tak boleh dilupakan dan harus ada di dalam mobil. 

Salah satu kendala saat kita sedang berkendara

Kita tak pernah tahu apa yang akan terjadi saat mengemudikan mobil. Selain ban cadangan, ada hal-hal kecil yang tak boleh dilupakan dan harus ada di dalam mobil. Disimpulkan ada 12 benda yang dibutuhkan pada saat darurat.

  1. Senter. Tak usah membayangkan senter besar, cukup bawa yang kecil LED. Selain tahan lama, juga praktis dan tak kalah penting, terang. Gunanya, kalau ada gangguan di malam hari.
  2. Pengukur tekanan ban. Banyak dijual di pasaran. Ukurannya tidak butuh tepat khusus. Sangat berguna untuk mengetahui tekanan ban. 
  3. Kotak P3K. Sangat penting, terutama untuk yang sering membawa anak-anak. Sangat berguna untuk pertolongan pertama. 
  4. Buku manual. Ketika Anda butuh mencari info mengenai gejala tak lazim di mobil, atau mencari tombol khusus secara mendadak dan tahu tempatnya, buku ini berguna.
  5. Peralatan ganti ban. Dongkrak, kunci pass dan tentu saja ban cadangan. Pastikan semua barang ini ada, bahkan ketika Anda membeli mobil bekas.
  6. Segitiga peringatan. Sewaktu-waktu mogok di tengah jalan, atau harus memperbaiki sesuatu di pinggir jalan, tanda segitiga yang bisa memantulkan cahaya mengurangi risiko ditabrak.
  7. Pisau lipat serbaguna. Tak cuma pisau, ada obeng kecil, pencongkel dan lainnya. Sangat berguna untuk membetulkan baut kecil kendor atau butuh pisau untuk memotong kabel yang korslet, misalnya.
  8. Sekring. Harganya murah, Suatu saat komponen ini dibutuhkan ketika terjadi korsleting. Tak perlu telepon bengkel, tinggal mengganti sendiri. Namun harus dites dulu. Sebaiknya, tanya dulu mekanik atau baca buku manual, untuk mengetahu bentuk dan ukuran sekring yang dibawa. 
  9. Kabel jumper. Mobil mendadak mati karena aki tekor, solusinya pakai kabel jumper untuk ”meminjam” listrik dari mobil lain. Penting, tapi sekali lagi, lihat cara mengunakannya  di buku manual. 
  10. Selotip. Pilih yang tahan panas dan tebal. Berguna untuk apa saja, misalnyamenambal kaca yang pecah sementara, atau bahkan mengikat komponen yang jebol.
  11. Lap serbaguna dan sarung tangan. Misal mengelap kopi tumpah, dipstik setelah mengecek oli atau keperluan lain. Sarung tangan berguna melindungi telapak ketika mengganti ban atau memeriksa sesuatu.
  12. Kantung sampah besar. Bukan untuk menyimpan sampah, tetapi dimanfaatkan  ketika hujan Anda harus ”ngolong” ganti ban, atau memodifikasinya sebagai ponco.

Sumber: http://otomotif.kompas.com/read/2013/09/03/9630/Nih.12.Benda.Harus.Ada.di.Mobil.