Tahukah Anda bahwa garam juga bisa mendatangkan dampak yang kurang baik bagi tubuh?

Bagaimana rasanya bila memasak masakan tanpa menggunakan garam? Tentunya melakukan hal tersebut seperti mendobrak tradisi masakan Indonesia yang tidak pernah lepas dari garam sebagai salah satu bumbu dan penyebab rasa. Tapi tahukah Anda bahwa garam juga bisa mendatangkan dampak yang kurang baik bagi tubuh?

 

Namun efek ini mulai disadari oleh masyarakat. Walaupun tidak mungkin menghilangkan garam, setidaknya banyak di antara orang-orang Indonesia yang mulai mengurangi garam dalam setiap masakan. Ingin tahu apa manfaat dari mengkonsumsi garam secukupnya saja?

 

Seimbangkan Cairan Tubuh

Makanan yang menggunakan terlalu banyak garam bisa mengganggu keseimbangan cairan dalam tubuh Anda. Untuk itu, mulai sekarang batasilah penggunaan garam dalam setiap masakan Anda supaya cairan dalam tubuh menjadi seimbang antara asam dengan basanya. Dengan cairan yang seimbang, tubuh akan terasa lebih sehat dan nyaman dalam melakukan segala aktivitas.

 

Tubuh Terhidrasi Dengan Baik

Anda harus tahu bahwa garam bisa mengikat cairan di dalam tubuh, yang punya dampak negative, yaitu dehidrasi. Kurangilah garam agar tubuh menjadi terhidrasi dengan baik.

 

Garam Naikkan Berat Badan

Salah satu cara diet berat badan yang tepat adalah dengan mengurangi garam. Garam ternyata punya kekuatan untuk mengikat lemak di dalam tubuh yang membuat berat badan semakin bertambah. Jadi diet yang tepat adalah dengan mengurangi, atau bahkan menghilangkan, garam dari menu masakan Anda.

 

Badan Menjadi Lebih Berenergi

Ada satu rahasia yang harus Anda mengerti bahwa mengurangi kadar garam dalam tubuh akan membuat tubuh menjadi lebih bertenaga dan lebih lincah dalam bergerak.

 

Kurangi Tekanan Darah Tinggi

Sudah menjadi mitos yang telah terbukti kebenarannya bahwa terlalu banyak garam bisa meningkatkan tekanan darah. Bila tidak dikontrol bisa menimbulkan penyakit hipertensi. Mulai kurangi konsumsi garam saat ini juga.

 

Jauh Dari Berbagai Penyakit

Garam memang menyedapkan masakan, tapi penggunaan dan konsumsi yang terus menerus bisa menimbulkan beberapa penyakit berbahaya, seperti sakit kanker. Tidak hanya itu, kadar garam yang tinggi di dalam tubuh bisa mendekatkan Anda pada penyakit-penyakit kanker perut, ginjal, dan gangguan pencernaan, khususnya usus.

 

Indera Perasa Menjadi Lebih Peka

Garam ternyata punya dampak jangka panjang melemahkan kepekaan indera perasa Anda. Tidak heran bila orang  yang terbiasa makan garam akan cenderung menambahkan penyedap rasa ke dalam masakannya. Akibatnya bisa membuat tubuh menjadi sakit semua. Untuk mengembalikan ketajaman lidah, mulailah untuk mengurangi konsumsi garam.

 

Menghindarkan Stroke

Garam adalah salah satu penyebab utama dari serangan stroke. Dengan mengurangi konsumsi garam akan membuat kadar gula darah kembali normal dan menghindarkan diri dari serangan stroke.

 

Menghilangkan Begah

Bila Anda sering merasa kembung tanpa ada penyebab yang jelas, bisa saja ini disebabkan oleh terlalu banyaknya konsumsi garam. Untuk menghilangkan rasa tidak enak di perut, kurangi atau hindari mengkonsumsi garam.

 

Tulang Lebih Kuat

Garam ternyata bisa berdampak buruk pada tubuh, yaitu menghancurkan kalsium di dalam tulang. Akibatnya bisa sangat berbahaya. Anda bisa terserang penyakit pengeroposan tulang, atau osteoporosis. Ingin tulang lebih kuat hingga usia tua? Kurangi konsumsi garam mulai sekarang.

 

Itulah sepuluh alasan mengapa Anda harus mengurangi konsumsi garam mulai dari sekarang. Lindungi dan berikan yang terbaik bagi tubuh. Jangan pernah berkompromi untuk menjaga kesehatan Anda. Untuk semakin melengkapi perlindungan, sediakan payung berupa asuransi kesehatan. Pilihlah proteksi dari perusahaan asuransi jiwa terbaik.

 

Salah satu yang terbaik, yang telah melindungi masyarakat Indonesia sejak puluhan tahun lamanya adalah Allianz Life Indonesia. Allianz dengan produk-produk asuransi kesehatannya, seperti SmartMed Premier, SmartHealth Maxi Violet, Asuransi Kesehatan Allisya Care, serta SmartHealth akan menjadi teman terbaik di saat sehat dan sakit.

Cegah beragam penyakit yang mengintai dari konsumsi garam. Jaga kesehatan Anda mulai dari sekarang.